Selasa, 28 Agustus 2018

Krepitasi Bahu

Kadang-kadang menggerakkan bahu Anda dapat memicu bunyi klik atau sensasi popping di dekat tempat sambungan menghubungkan di bagian atas lengan Anda. Perasaan popping itu disebut krepitus.

Dalam beberapa kasus, ada rasa sakit atau kehangatan yang tajam yang datang bersamaan dengan bahu yang retak, menggiling, atau meletup. Rasa sakit itu bisa menjadi gejala kondisi kesehatan lain atau cedera. Nyeri bahu, cedera, dan kekakuan adalah masalah otot dan sendi ketiga yang paling umum yang membawa orang ke dokter.

Penyebab krepitasi bahu

Bahu Anda diatur dalam konfigurasi bersama bola-dan-soket. Tulang humerus Anda pas di bawah dan di dalam skapula Anda, atau tulang belikat, dan empat otot yang disebut manset rotator menghubungkannya. Sebuah struktur yang terbuat dari tulang rawan, yang disebut labrum, bertindak sebagai semacam cangkir lembut di dalam tulang belikat Anda yang memegang lengan Anda di tempatnya.

Sendi bahu Anda terhubung dengan cara yang memungkinkan mobilitas lengan Anda maksimal. Anatomi yang sama yang memungkinkan berbagai gerakan juga membuat bahu Anda lebih rentan terhadap cedera daripada sendi Anda yang lain.

Berikut adalah beberapa penyebab umum suara popping yang mungkin Anda dengar.

Bursitis skapulotoraks

Kantung berisi cairan yang disebut bursa melindungi persendian Anda dan membantu permukaan sendi dan soket untuk bergerak secara harmonis. Ketika bursa menjadi meradang, Anda mungkin merasakan penusukan atau kehangatan yang menyakitkan dan mendengar "pop" ketika Anda mencoba untuk menggerakkan lengan Anda ke segala arah. Kondisi ini juga dikenal sebagai sindrom scapula patah.

Malunion fraktur tulang skapula atau tulang rusuk

Patah bahu dapat terjadi karena kecelakaan mobil, olahraga kontak, atau jatuh - di antara alasan lainnya. Sementara rasa sakit cedera Anda mungkin sudah lama hilang, sesekali suara gemeretak atau popping bisa menjadi efek samping permanen. Bahkan fraktur garis rambut, jika tidak sembuh dengan benar, dapat menyebabkan sensasi popping di bahu Anda.

Ketika tulang Anda bergabung bersama setelah dipisahkan, tonjolan dapat dibuat di sepanjang tulang belikat atau tulang rusuk Anda. Punggung ini lebih rentan untuk menangkap atau menggosok otot Anda dan kadang-kadang membuat suara yang dapat didengar.

Labral menangis

Struktur yang terbuat dari tulang rawan yang disebut labrum dapat menjadi robek karena terlalu sering menggunakan, usia, atau cedera. Air mata labral seringkali cukup menyakitkan. Air mata ini menciptakan suara yang menggelegar atau muncul ketika Anda mencoba menggunakan bahu Anda untuk alasan apa pun. Daripada sesekali pop atau nyeri, air mata labral menciptakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang konsisten dengan hampir semua aktivitas.

Osteochondroma

Pertumbuhan jinak di bahu Anda, tulang belikat, atau tulang rusuk yang disebut osteochondroma dapat menyebabkan bahu Anda retak saat Anda mengangkat lengan. Jenis pertumbuhan ini adalah pertumbuhan tulang jinak yang paling umum. Terkadang orang dengan pertumbuhan ini tidak memiliki gejala lain.

Kavitasi

Kadang-kadang, berolahraga atau mengangkat bahu Anda dengan cepat dapat melepaskan gas dari sendi Anda, seperti apa yang terjadi ketika Anda memecahkan buku-buku jari Anda. Dalam kasus ini, tidak ada kondisi atau rasa sakit yang mendasarinya yang terhubung ke bahu Anda yang retak.

Jenis suara ini terkait dengan kavitasi, atau gelembung udara di persendian Anda. Mekanisme pasti bagaimana hal ini terjadi tidak jelas.

Osteoarthritis

Seiring bertambahnya usia, tulang rawan yang bisa membuat tulang Anda bergesekan satu sama lain bisa mulai rusak. Suara gertakan atau retak di bahu Anda bisa berarti tulang Anda melakukan kontak satu sama lain sebagai hasilnya. Suara kisi atau retak bisa menjadi gejala awal radang sendi.

Popping dan nyeri bahu

Crepitus di sendi bahu Anda tidak selalu menyebabkan rasa sakit. Tendon dan tulang Anda bisa membuat suara retak bahkan ketika mereka bekerja sama dengan sempurna. Tetapi jika retakan sendi Anda disertai dengan rasa sakit, itu pasti bisa menjadi gejala cedera atau kondisi kesehatan lain.

Jika rasa sakit yang Anda alami setelah cedera baru-baru ini, mungkin ada ketegangan otot internal, sobekan, atau fraktur yang perlu ditangani. Bahu Anda mungkin terasa baik sampai Anda mencoba untuk memindahkannya ke arah tertentu. Jika Anda disambut dengan suara retak dan memancarkan rasa sakit setiap kali Anda mengangkat lengan, Anda harus menemui dokter.

Jika cedera bahu tidak ditangani dengan benar, sistem rumit tendon dan otot yang menyatukan persendian Anda dapat terganggu. Terkadang, cedera bahu yang tidak sembuh dengan benar menghasilkan kondisi yang disebut "bahu beku," yang membatasi rentang gerak Anda.

Pengobatan

Perawatan umum untuk nyeri bahu berulang meliputi:

    suntikan kortikosteroid
    obat anti inflamasi
    terapi fisik
    penyesuaian chiropractic dari tulang Anda
    pijat terapi

Dalam kasus lain, pereda nyeri over-the-counter mungkin yang Anda butuhkan. Seorang dokter akan memutuskan rencana perawatan tergantung pada apa yang menyebabkan kondisi bahu Anda.

Dalam beberapa kasus, pengobatan rumahan cukup untuk mengobati nyeri bahu. Jika bahu Anda retak atau muncul sesekali tanpa menyebabkan Anda merasa sangat tidak nyaman, Anda mungkin ingin mencoba merawat krepitus Anda di rumah. Pertimbangkan untuk mencoba beberapa pengobatan rumah ini ketika Anda merasa bahu Anda meletus:

Sikap

Bekerja untuk duduk tegak saat Anda berada di depan komputer atau mengemudi dapat membuat perbedaan dunia dalam bagaimana perasaan bahu Anda. Postur yang baik dapat mengakhiri nyeri bahu kronis bagi sebagian orang.

Rol busa

Rol busa, sering digunakan oleh terapis fisik, relatif tidak mahal dan dapat dibeli dengan mudah untuk digunakan di rumah. Rol ini menstimulasi jaringan lunak di bahu Anda. Jika nyeri bahu Anda disebabkan oleh rasa sakit, duduk sepanjang hari, atau postur tubuh yang buruk, setidaknya satu penelitian menunjukkan bahwa terapi manual semacam ini dapat membantu.

Yoga

Penelitian memberi tahu kita bahwa yoga dapat menjadi cara yang efektif untuk meminimalkan dan memperbaiki nyeri bahu seiring waktu. Yoga memiliki manfaat tambahan untuk memperbaiki postur dan pernapasan saat Anda berlatih.
Kompres dingin atau es

Jika bahu Anda cedera, kompres dingin atau es dapat mengurangi peradangan. Ini dapat mematikan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Kompres dingin juga dapat membantu cedera bahu Anda untuk memulai penyembuhan lebih cepat.

Tinjauan atas beberapa studi yang berfokus pada kompres dingin setelah cedera otot atau tulang menunjukkan bahwa hampir selalu lebih baik daripada tidak ada perawatan sama sekali.

Bawa pulang

Memukul bahu dan ketidaknyamanan bukan hal yang tidak biasa, tetapi menemukan penyebab spesifik Anda dapat menjadi sedikit rumit. Jika Anda melihat kemerahan, bengkak, atau kehangatan di sekitar sendi bahu Anda, buatlah janji dengan dokter untuk mendiskusikan kekhawatiran Anda. Pastikan untuk menyebutkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang berulang yang terjadi dengan aktivitas sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar