Selasa, 28 Agustus 2018

Thyroid-stimulating hormone (TSH)

Thyroid-stimulating hormone (TSH) diproduksi oleh kelenjar pituitari Anda, yang membantu mengatur produksi hormon dan metabolisme di seluruh tubuh Anda. TSH membantu kelenjar tiroid Anda membuat hormon-hormon lain yang penting bagi metabolisme Anda, seperti tiroksin. Ini juga berkontribusi terhadap tingkat energi Anda secara keseluruhan, fungsi saraf, dan banyak lagi.

Rentang referensi khas untuk tingkat TSH adalah antara 0,4 dan 4,9 milliunit per liter (mU / L). Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa kisaran normal harus lebih seperti 0,45 hingga 4,12 mU / L.

TSH dapat bervariasi secara liar berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tahap kehidupan Anda. Sebagai contoh, seorang wanita berusia 29 tahun mungkin memiliki TSH normal sekitar 4,2 mU / L, sementara pria berusia 88 tahun dapat mencapai 8,9 mU / L pada batas atas mereka. Dan stres, diet Anda, obat-obatan, dan masa menstruasi Anda semua dapat membuat TSH berfluktuasi.

Tingkat TSH berubah terbalik dengan seberapa banyak hormon tiroid dalam tubuh Anda. Pikirkan kelenjar pituitari Anda sebagai termometer tiroid:

    Tingkat TSH abnormal tinggi berarti tiroid Anda berkinerja buruk. Kelenjar pituitari Anda bereaksi terhadap kurangnya hormon tiroid dengan memproduksi TSH ekstra untuk membuat perbedaan. Ini disebut hipotiroidisme.
    Tingkat TSH yang rendah berarti Anda memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Kelenjar pituitari Anda merespon sesuai dengan menurunkan produksi TSH untuk mendapatkan fungsi tiroid di bawah kontrol. Ini disebut hipertiroidisme.

Mari pelajari lebih lanjut tentang kisaran level TSH untuk kelompok orang yang berbeda dan apa yang harus dilakukan jika level Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Tingkat TSH pada wanita

Berikut adalah rincian tingkat TSH normal, rendah, dan tinggi untuk wanita berdasarkan usia:
Kisaran usia Normal Rendah Tinggi
18 - 29 tahun 0,4 - 2,34 mU / L <0,4 mU / L> 4,5 mU / L
30 - 49 tahun 0,4 - 4,0 mU / L <0,4 mU / L> 4,1 mU / L
50 - 79 tahun 0,46 - 4,68 mU / L <0,46 mU / L 4,7 - 7,0 mU / L

Perempuan memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan kadar TSH abnormal selama menstruasi, saat melahirkan, dan setelah melewati menopause. Sekitar 5 persen wanita di Amerika Serikat memiliki beberapa jenis kondisi tiroid, dibandingkan dengan 3 persen pria.

Meskipun klaim bahwa TSH tinggi meningkatkan risiko Anda untuk penyakit jantung, sebuah studi 2013 tidak menemukan hubungan antara TSH tinggi dan kondisi jantung seperti serangan jantung. Tapi sebuah studi 2017 menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua sangat berisiko untuk mengembangkan kanker tiroid jika mereka memiliki tingkat TSH yang tinggi bersama dengan nodul tiroid.

Tingkat TSH pada pria

Berikut adalah kisaran level TSH normal, rendah, dan tinggi untuk pria:
Kisaran usia Normal Rendah Tinggi
18 - 30 tahun 0,5 - 4,15 mU / L <0,5 mU / L> 4,5 mU / L
31 - 50 tahun 0,5 - 4,15 mU / L <0,5 mU / L> 4,15 mU / L
51 - 70 tahun 0,5 - 4,59 mU / L <0,5 mU / L> 4,6 mU / L
71 - 90 tahun 0,4 - 5,49 mU / L <0,4 mU / L> 5,5 mU / L

TSH tinggi dan rendah dapat mempengaruhi kesuburan. Pria dengan hipo- atau hipertiroidisme keduanya memiliki lebih sedikit sperma berbentuk normal.

Dan pria lebih rentan daripada wanita untuk komplikasi seperti perkembangan alat kelamin yang tidak teratur jika mereka memiliki TSH tinggi. Mengambil terapi penggantian hormon tiroid mungkin diperlukan bagi pria untuk menyeimbangkan TSH.

Tingkat TSH pada anak-anak

Tingkat TSH pada anak-anak dapat bervariasi berdasarkan usia mereka:
Kisaran usia Normal Rendah Tinggi
Kelahiran prematur 0,7 - 27 mU / L <0,7 mU / L> 28 mU / L
0 - 4 hari 1 - 29 mU / L <1 mU / L> 30 mU / L
2 - 20 minggu 1,7 - 9,1 mU / L <1,7 mU / L> 9,2 mU / L
20 minggu - 18 tahun 0,7 - 64 mU / L <0,7 mU / L> 64 mU / L

Sebuah studi tahun 2008 yang mengukur tingkat TSH pada anak sejak lahir hingga usia 18 tahun menemukan tingkat TSH yang sangat berbeda sepanjang hidup mereka.

Dan meskipun TSH cenderung tinggi untuk bulan pertama setelah mereka lahir, tingkat TSH anak akan menurun secara bertahap saat mereka semakin mendekati usia dewasa sebelum naik lagi saat mereka bertambah tua.

Tingkat TSH selama kehamilan

Bagan di bawah ini menunjukkan kepada Anda cara mengetahui kapan tingkat TSH Anda normal, rendah, dan tinggi saat Anda hamil, khususnya antara usia 18 dan 45:
Tahap kehamilan Normal Rendah Tinggi
Trimester pertama 0,2 - 2,5 mU / L <0,2 mU / L 2,5 - 10 mU / L
Trimester kedua 0,3 - 3,0 mU / L <0,3 mU / L 3,01 - 4,50 mU / L
Trimester ketiga 0,8 - 5,2 mU / L <0,8 mU / L> 5,3 mU / L

Penting untuk memantau tingkat TSH selama kehamilan. Tingkat TSH tinggi dan hipotiroidisme dapat sangat mempengaruhi kemungkinan keguguran.

Akibatnya, sekitar 1 hingga 2 persen wanita hamil dapat menerima levothyroxine (Synthroid), methimazole (Tapazole), atau propylthiouracil (PTU) untuk membantu mengontrol TSH dan kadar hormon tiroid, terutama jika mereka memiliki hipo- atau hipertiroidisme.

Jika Anda hamil dan sudah mengonsumsi obat ini untuk tingkat hormon tiroid yang abnormal, dokter Anda mungkin menyarankan untuk meningkatkan dosis Anda sekitar 30 hingga 50 persen.

Keberhasilan pengobatan TSH dan hipotiroidisme tinggi selama kehamilan dapat menurunkan kemungkinan Anda mengalami keguguran. Kontrol kadar TSH juga dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan lainnya, seperti:

    preeklamsia
    melahirkan secara prematur
    memiliki bayi dengan berat badan rendah saat lahir

Bagaimana tingkat TSH yang abnormal diobati?

Dokter Anda dapat merekomendasikan satu atau lebih perawatan berikut untuk tingkat TSH abnormal:
Hypothyroidism (TSH tinggi)

    obat harian, seperti levothyroxine (Synthroid)
    ekstrak dan suplemen hormon tiroksin alami
    makan atau mengkonsumsi lebih sedikit zat yang mempengaruhi penyerapan levothyroxine, seperti serat, kedelai, besi, atau kalsium

Hipertiroidisme (TSH rendah)

    yodium radioaktif oral untuk mengecilkan kelenjar tiroid Anda
    methimazole (Tapazole) atau PTU untuk menjaga tiroid Anda dari membuat terlalu banyak hormon tiroid
    pengangkatan kelenjar tiroid Anda jika perawatan rutin tidak berhasil atau mungkin mengancam kesehatan Anda, seperti selama kehamilan

TSH abnormal dapat menunjukkan bahwa kelenjar tiroid Anda tidak berfungsi dengan baik. Ini dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang jika Anda memiliki kondisi yang mendasari yang mengarah ke hipo- atau hipertiroidisme.

Pastikan Anda mendapatkan kadar TSH Anda secara teratur, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga gangguan tiroid atau telah melihat tingkat TSH abnormal pada hasil tes sebelumnya.

Ikuti setiap instruksi yang diberikan dokter Anda untuk berhenti minum obat tertentu atau makan makanan tertentu sebelum tes TSH untuk memastikan hasilnya akurat. Dengan cara ini, dokter Anda dapat memberi Anda rencana perawatan yang paling baik untuk penyebab TSH abnormal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar