Selasa, 28 Agustus 2018

Latihan untuk Membantu Meringankan Nyeri Spondylolisthesis

Spondylolisthesis terjadi ketika sepotong tulang tulang belakang (vertebrae) bergeser keluar dari keselarasan dan ke tulang di bawahnya.

Ini dapat disebabkan oleh degenerasi vertebra atau diskus, trauma, fraktur, atau genetika. Ini paling sering terjadi di tulang belakang bagian bawah. Menurut sebuah artikel 2009 di jurnal peer-review Spine, itu terjadi pada sekitar 6 hingga 11,5 persen dari populasi orang dewasa.

Latihan khusus dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi dan kualitas hidup Anda.
Gejala spondylolisthesis

Gejalanya termasuk nyeri punggung bawah yang memburuk dengan berdiri dan hiperekstensi. Gejala lain termasuk:

    sesak hamstring
    nyeri pantat posterior
    perubahan neurologis seperti mati rasa atau kesemutan di kaki

Latihan untuk menghilangkan rasa sakit

Setelah evaluasi menyeluruh, ahli terapi fisik Anda akan dapat memberi Anda program latihan di rumah yang dipersonalisasi untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat spondylolisthesis.

Program ini sering termasuk latihan fleksi lumbar, latihan stabilisasi inti, dan latihan atau peregangan untuk otot punggung, paha belakang, dan pinggul. Latihan berdampak rendah seperti bersepeda atau berenang juga dianjurkan untuk mempromosikan penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.
Kemiringan panggul

Latihan memiringkan panggul membantu mengurangi rasa sakit dengan menstabilkan tulang belakang bawah dalam posisi tertekuk. Panggul miring dilakukan di posisi yang berbeda tergantung pada rasa sakit dan preferensi pasien.

    Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan kaki menapak di tanah.
    Mulailah dengan meratakan punggung bawah Anda ke tanah, libatkan otot perut Anda untuk memegang posisi.
    Tahan selama 15 detik sebelum bersantai.
    Ulangi 10 kali.

Crunch

Otot perut yang lemah sering berkontribusi terhadap ketidakstabilan dan menyebabkan rasa sakit pada mereka dengan spondylolisthesis. Anda dapat memperkuat otot perut Anda dengan latihan kerut. Bergerak perlahan dan fokus pada bentuk yang tepat dengan melibatkan otot inti Anda sebelum memulai gerakan apa pun. Bahkan gerakan kecil membuat perbedaan besar. Jangan memaksa tubuh Anda untuk bergerak melalui berbagai gerakan untuk latihan ini karena dapat meningkatkan rasa sakit dan memperlambat pemulihan Anda.

    Mulailah dengan berbaring di tanah dengan lutut ditekuk, kaki menapak di tanah dan lengan terlipat di atas dada. Jika perlu, Anda dapat mendukung kepala Anda dengan jari-jari Anda di belakang telinga Anda, tetapi jangan menarik kepala Anda saat Anda melalui gerakan ini.
    Perlahan angkat kepala dan bahu Anda dari lantai sampai kontraksi di perut terasa.
    Tahan selama 3 detik, lalu turunkan ke posisi awal.
    Ulangi 10 kali.

Lutut ganda ke dada

Bekerja otot inti dalam tubuh akan membantu mengurangi ketidakstabilan dan meningkatkan rasa sakit yang terkait dengan spondylolisthesis.

    Mulailah dengan berbaring menghadap ke atas dengan lutut ditekuk dan kaki menapak di lantai.
    Libatkan otot perut Anda dengan menarik pusar ke lantai.
    Dengan bantuan tangan, tarik kedua lutut ke dada dan tahan selama 5 detik.
    Rileks dan ulangi 10 kali.

Aktivasi Multifidus

Otot multifidus adalah otot kecil tetapi penting yang terletak di samping tulang belakang Anda. Mereka membantu dengan gerakan memutar dan membungkuk, dan mereka meningkatkan stabilitas sendi tulang belakang. Otot-otot ini sering lemah pada pasien dengan spondylolisthesis. Anda dapat menemukan dan mengaktifkan multifidi Anda dengan berbaring di sisi Anda dan meraih tangan atas Anda untuk merasakan tulang belakang punggung bawah Anda. Perlahan-lahan gerakkan jari-jari Anda ke samping sampai tergelincir ke dalam alur di samping tulang belakang Anda.

    Aktifkan otot inti Anda dengan membayangkan Anda menarik paha ke dada Anda, tetapi tidak benar-benar menggerakkan kaki Anda.
    Kontraksi ini harus menyebabkan otot multifidus membengkak di bawah jari-jari Anda.
    Pegang ini selama 3 detik, dan ulangi 10 kali di setiap sisi.

Peregangan hamstring

Untuk pasien dengan spondylolisthesis, ketidakstabilan tulang belakang sering menyebabkan ketegangan di paha belakang, otot-otot besar yang berlari ke belakang paha. Ketat paha belakang bisa menarik di punggung bawah, meningkatkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.

    Duduklah di tanah dengan kaki Anda direntangkan langsung di depan Anda, jari-jari kaki mengarah ke langit-langit.
    Perlahan-lahan membungkuk ke depan dan meraih jari-jari kaki Anda. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa menyentuh kaki Anda - cukup menjangkau sampai Anda merasakan peregangan di belakang kaki Anda.
    Tahan selama 30 detik dan ulangi 3 kali, mencoba untuk mendapatkan sedikit lebih jauh setiap kali.

Apa kata penelitian itu

Perawatan konservatif spondylolisthesis, seperti obat nyeri dan olahraga, lebih disukai daripada operasi. Tinjauan sistematis 2013 dalam Olahraga Terapi Fisik mengidentifikasi beberapa studi yang menemukan latihan untuk bermanfaat bagi pasien dengan spondylolisthesis, dan menghasilkan perbaikan dalam rasa sakit dan fungsi dengan kondisi ringan hingga sedang.

Perawatan tergantung pada tingkat keparahan gejala, usia, dan kesehatan secara keseluruhan. Dokter Anda dapat mendiskusikan pilihan perawatan bedah dan non-bedah dengan Anda dan dapat merujuk Anda ke terapi fisik. Menurut sebuah artikel di Journal of American Association of Nurse Practitioners, banyak pasien membaik dan sembuh dengan pengobatan konservatif.
Perhatian sebelum berolahraga

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan baru. Jangan pernah melakukan latihan ke titik nyeri. Jika suatu latihan menyebabkan peningkatan rasa sakit, segera hentikan dan cari bantuan.

Gejala seperti kesemutan atau mati rasa, nyeri pada kaki dan kaki, atau kelemahan otot semuanya membutuhkan perhatian medis, dan mungkin memerlukan evaluasi yang lebih menyeluruh.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan stabilitas di tulang belakang lumbal, dan meminimalkan rasa sakit selama kegiatan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar